Jumat, 08 Februari 2013

Mencari Driver Komputer atau Laptop di Internet.

Tulisan ini bermula berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam masalah penginstalan laptop. Kebetulan laptop saya itu berukuran 10,1" yang biasanya disebut netbook. so ga ada yang namanya CD-ROM di dalemnya. ini yang menghambat saya kalo misalnya laptop saya kena virus dan ingin di-inul(instal ulang), ya jelas aja mau masukin dari mana CD OS nya.
Tapi yang ga habis pikir tuh, pada waktu beli laptop ini banyak temen yang bilang "Ga dapet CD Driver ?" saya yang masih polos dan ga tau menau tentang perkomputeran ya menjawab dengan tenangnya "ngga ko, cuma dapet ginian doang sama charger" padahal setelah sempat rusak kena virus dan harus diinul baru deh berasa SAYA KO GAK DAPET CD DRIVER ?? ternyata itu komponen yang vital. 

setelah begini (menderita ga punya cd driver dan CD ROM) mulu akhirnya membuat saya berfikir bagaimana mengatasi keterbatasan itu, dengan bimbingan temen - temen saya yang berlatar belakang ilmu komputer serta bantuan mbah google akhirnya saya menemukan di belantara internet cara yang lumayan jitu. ya walaupun ini ga orisinil dari pemikiran saya setidaknya ini bentuk pengarsipan dan suatu penghargaan untuk situs yang saya kunjungi tersebut tulisannya bisa dipajang disini. dan untuk kali ini saya akan memberikan cara-cara untuk mengetahui dan mendapatkan driver pada windows 7 ya, langsung saja !
 
Sehabis install ulang kan biasanya komputer masih kaya bayi merah yang baru lahir, berbekal dengan keterbatasan, kadang suaranya ga bunyi, vga nya ga bagus, dll. yaitu karena masih harus dipasang komponen drivernya.tapi bagaimana kalau kasusnya seperti saya ? terkadang beberapa driver memang sudah terpasang namun ada yang belum terpasang dan kita harus tau driver apa yang cocok dengan hardware komputer kita.

CARA MENGETAHUI DRIVER YANG BELUM TERPASANG

1. klik kanan My Computer kemudian Properties
atau
tekan start (atau tombol bendera disamping alt sebelah kiri) lalu klik kanan di Computer - Properties



2. Sehabis Properties terbuka, pilih Device Manager yang ada di sebelah kiri atas.



3. Lalu setelah Device Manager terbuka pilih/lihat yang bertanda seru (!) seperti ini,


maka itu lah driver yang belum terinstall di laptop Anda semua.


4. setelah itu Klik Kanan pada Properties lalu penampakannya seperti ini


5. setelah itu akan muncul kotak dialog seperti ini



Lalu pilih Details dan Device Instance Path lalu muncul tulisan tersebut di kolom Value itu di copy saja.

6. Buka situs www.devid.info lalu masukan value yang tadi dicopy. paste kan di kolom ini.




7. Lalu setelah dimasukan Value nya, nanti akan muncul nama dan driver yang Anda perlukan.




habis itu tinggal didownload deh !!


Demikian cara - cara mencari Driver Laptop tanpa DVD Driver Package. Semoga Bermanfaat.
Selamat mencoba !! :)



sumber :
http://davotmarbun.blogspot.com/2011/06/cara-mudah-mencari-driver-komputer-atau.html
www.devid.com

0 komentar:

Posting Komentar